HARAM COPY PASTE KESELURUHAN

Catatan yang ada diblog ini saya harap jangan di copy paste semua. karena ini arsip pribadi perkuliahan saya. Jika toh memang membutuhkan referensi tambahan dari blog saya ini, cantumkan juga alamat laman ini.
terima kasih..

Friday, April 11, 2014

VISI HIDUPKU



 
VISI HIDUPKU

Sebagai manusia normal, tidak dipungkiri bahwasannya semua orang yang berakal pasti mempunyai cita-cita entah itu cita-citanya kecil ataupun besar. Manusia dituntut untuk selalu dinamis dalam menjalani hidup dan juga akan berusaha dengan keras untuk mencapai kesuksesan. Kesuksesan dicapai melalui do’a serta ikhtiyar yaitu pray to action, dan cita-cita itu antar sesama manusia berbeda. Dalam hal ikhtiyar diperlukan plening, strategi, dan visi yang baik serta tepat.
Visi dalam KBBI berarti pandangan atau wawasan ke depan. Saya sebut ini sebagai cita-cita maupun plening kedepannya. Berbicara tentang diri saya sendiri bahwa Visi hidup saya terbagi menjadi dua hal, yang pertama dunia dan akhirat.
ü  Visi Dunia
Dalam hal dunia, Visi saya adalah ingin menuntut ilmu setinggi-tingginya (tidak terbatas pada pendidikan formal saja tetapi dalam lingkup non formal juga, seperti mengaji, belajar pada alam, belajar pada kyai (guru-guru). Karena menuntut ilmu adalah kewajiban bagi setiap orang islam, mulai dari lahir sampai meninggal dunia), kemudian menjadi penulis, menjadi terapis, menjadi pengusaha/pebisnis dalam dunia elektronik maupun konveksi, ahli servis hp maupun laptop, dll (yang belum saya fikirkan / dalam proses seiring berjalannya waktu).
1.      Yang pertama adalah penulis karena ingin menuangkan semua pemikiran saya dalam bentuk tulisan dan juga dari pernyataan-pernyataan orang-orang yang hebat. Saya abadikan dalam bentuk tulisan supaya suatu saat ketika memori ingatan di otak saya menurun (lupa) bisa diingatkan kembali oleh tulisan-tulisan yang sudah saya tulis dan harapan saya lebih jauh lagi tulisan saya ini dapat menjadikan manfaat kepada orang lain.
2.      Selanjutnya menjadi terapis, ini adalah motivasi awal saya kuliah di Fakultas Ushuluddin jurasan Tasawuf Psikoterapi. Banyak permasalahan-permasalahan yang ada ditubuh keluarga besar saya, kurangnya kerukunan dan keharmonisan. Oleh sebab itu, saya ingin membantu memecahkan masalah-masalah itu dengan ilmu (Psikologi dan Tasawuf) bukan asal-asalan.
Harapan dijurusan ini saya bisa belajar tentang ilmu psikologi dan tasawuf serta bisa menerapkannya dalam diri sendiri, keluarga, dan orang banyak, sehingga tebentuk sehat jasmani dan rohani. Saya juga ingin menjadi motivator, konseling, terapis dalam masalah psikologi (jiwa/hati) dan juga jasmani (bekam, pijat refleksi, dll).
3.      Kemudian menjadi pengusaha atau pebisnis dalam dunia elektronik maupun konveksi. Ini berkaitan dengan hobi dan kesukaan saya yaitu berkaitan dengan Ilmu Teknologi, walaupun belum sepenuhnya menguasai hal itu, tapi saya sudah menguasai sedikit-sedikit ilmu komputer (dibidang microsoft office, corel draw, software komputer).
Sebelum memutuskan untuk memilih IAIN Walisongo sebagai tujuan kuliahku dan jurusan Tasawuf Psikoterapi sebagai pilihannya, saya berkeinginan untuk kuliah dalam bidang Teknologi atau komputer, akan tetapi karena kendala ekonomi jadi saya mengurungkan niat untuk jurusan itu. Saya tidak patah arah, plening saya kedepan adalah setelah lulus kuliah saya akan belajar tentang dunia teknologi/elektronik entah itu dengan cara study diperguruan tinggi atau mengikuti pelatihan yang diadakan oleh instansi-instansi tertentu. Setelah menguasainya saya akan membuka usaha dibidang tersebut rencanya saya akan membangun sebuah toko yang disitu menjual berbagai macam hp maupun komputer/laptop serta asesorisnya, kemudia juga melayani desain grafis, percetakan, print, servis, dan juga studio foto.
4.      Sedangkan menjadi pengusaha konveksi ini, saya ingin membantu dan mengembangkan usaha dari kakak saya yang sudah merintis usaha konveksi pakaian perempuan sudah sejak lebih dari 8 tahun yang lalu. Bukan pakaian perempuan saja akan tetapi juga membuat pakaian laki-laki dan menciptakan mode yang bagus dan keren. Saya juga ingin membawanya dalam perdagangan Internasional tidak hanya dalam lingkup Nasional saja. Saya tertarik dalam dunia konveksi/perdagangan ini juga karena inilah salah satu pekerjaan yang paling mulia karena pekerjaan ini pernah dilakukan Baginda Rasulullah SAW yang menjadi Sunnahnya. Sebaik-baik perilaku adalah mengikuti Sunnah Rasul. Dan pekerjaan ini akan menciptakan lapangan pekerjaan buat orang lain, mengurangi tingkat pengangguran yang ada didesaku.
5.      Kemudian ingin menjadi ahli dalam servis hp maupun komputer. Ini kelanjutan dari yang diatas No.3, bahwasanya ini berawal dari hobiku dan kecintaanku terhadap hp, komputer, dan laptop. Saya berfikir bahwa dizaman yang sudah modern ini lama kelamaan persebaran hp dan komputer/laptop akan berkembang pesat, yang berakibat kebanyakan/semua orang menggunakannya. Nah, dalam sifat hukum alam bahwa semua hal didunia ini bisa terjadi adanya kerusakan, hp/komputer pun demikian tidak ada yang sempurna awet/abadi kecuali DIA. Kemudian saya memandang bahwa inilah bisnis yang tepat untuk ditekuni dan dipelajari karena sangatlah strategis dalam dunia kewirausahaan.

Tujuan dari visiku diatas tidak lain hanyalah ikhtiyar untuk bekal didunia dan akhirat (buat ibadah). Sukses bukanlah dinilai seberapa banyak uangnya ataupun seberapa tinggi jabatannya, melainkan sukses adalah dihati, dimana kesejahteraan, kebahagiaan, kelapangan, ketentraman terjadi dalam hidup saya. Dunia bukanlah tidak dikejar akan tetapi dunia harus dikejar, yang dihindari adalah yang bersifat “keduniaan” yang bisa memuat orang lalai terhadap akhiratnya.

ü  Visi Akhirat
Sudah Nash dari sang Kholiq yaitu Allah Swt., bahwasanya Allah tidak menciptakan Jin dan Manusia melainkan untuk menyembah kepadaNya. Dalam pandagan saya bahwa semua manusia adalah mutlak harus mempunyai Visi dan tujuan untuk beribadah kepadaNya ini. Dalam beribadah kepadaNya banyak sekali macam dan jalannya. Dan orang yang disebut taqwa adalah menjauhi laranganNya dan menjalani apa yang diperintahkanNya (secara global).
Dalam hal ibadah mungkin lebih identik dengan lahiriyah / jasmani belum tentu secara rohani tersambung dengan Allah. Akan tetapi yang saya inginkan adalah kedua-duanya, saya sadar bahwa ibadahku masih secara jasmani saja dan saya ingin menjadi orang Sufi yang bener-bener Sufi. Harapan saya jadi Sufi sejati ini salah satu jalannya adalah study di IAIN Walisongo jurusan Tasawuf Psikoterapi dan juga mendengarkan tausiyah-tausiyah para Habaib dan juga Kyai lebih-lebih yang sangat menjadi inspirasiku, idolaku, yang sangat saya gandrungi, guruku yaitu beliau Al-Habib Muhammad Luthfi bin Ali bin Hasyim bin Yahya dari Pekalongan. Beliau adalah pemimpin Thoriqoh seluruh Indonesia yang disela-sela tausiyahnya selalu mengajak kepada kesatuhan, keutuhan NKRI, memperkokohnya dan membangun bangsa lebih baik.
Selain ingin menjadi sufi, saya juga ingin selalu diakui sebagai santri/murit dari guru-guru saya, karena dengan modal ini saya akan menjadi manusia yang sukses didunia dan diakhirat. amin.

Motto hidup : Hidup adalah perjuangan dan pengorbanan serta memupnyai tujuan.
10/03/2014 Senin Malam

No comments:

Post a Comment